Kegiatan Pengabdian Masyarakat Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital.

Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Nurdin Hamzah (UNH) yang di ketuai oleh Fattachul Huda Aminuddin, S.Kom, M.Pd.T selaku Dosen Prodi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nurdin Hamzah mengadakan pelatihan literasi digital untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis literasi digital yang diikuti oleh 25 Guru yang tergabung dalam Gugus Kelompok Kerja Guru (KKG) SARTIKA Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari Jambi yang berada di lokasi SDN 42/I Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung.

Adapun tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu, Teuku Djauhari, S,Kom, M.S.I, Santoso, S.Kom, M.S.I serta tim yang terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa yang berasal dari Prodi Teknik Informatika, yaitu Kasih Dinda.S, Prodi Sistem Informasi Universitas Hamzah, Candra Kusuma, serta 1 (satu) mahasiswa berasal dari Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi yaitu Yuli Triyanto sebagai dokumentasi.

Sebagai pemateri pada kegiatan tersebut adalah: Pada sesi 1, Suryawahyuni Latief, Ph.D (Pemateri Kampus Merdeka dan Guru Penggerak). Sedangkan sesi 2, Abu sopian, M.Kom (Pembuatan video pembelajaran dengan Canva).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan ini merupakan kegiatan yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) tahap kedua Tahun 2023

Fattachul Huda A. menjelaskan, melalui pelatihan literasi digital ini harapannya mampu untuk mendorong para guru yang tergabung dalam dalam KKG SARTIKA Pemayung untuk memiliki keterampilan dalam mengelola dan memanfaatkan media pembelajaran, serta lebih kreatif dalam mengajar di sekolah.

Apalagi saat ini para guru didorong untuk aksi nyata dimana bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi peserta didik dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya